Trik Menyeleksi Objek Menggunakan Quick Mask

22 10 2011

Meskipun Adobe Photoshop CS sudah memiliki beragam alat untuk menyeleksi objek tapi tetap saja seorang desainer  grafis, khususnya yang pemula, masih kesulitan dalam menyeleksi objek secara halus dan bersih. Bahkan, pekerjaan menyeleksi objek ini termasuk pekerjaan yang menguras waktu dan tenaga karena membutuhkan tingkat ketelitian yang ekstra.

Tapi sebenarnya, Adobe Photoshop CS sendiri sudah dilengkapi dengan beragam alat bantu yang memudahkan kita membuat bidang seleksi tanpa takut salah. Dilihat dari efisiensinya, teknik yang akan kita pelajari kali ini lebih hemat tenaga dan lebih rapi.

Berikut langkah-langkah menyeleksi objek menggunakan Quick Mask:

1. Pastikan Anda sudah membuka file gambar yang di dalamnya terdapat objek yang akan diseleksi.

2. Pertama-tama, seleksi dulu objek itu menggunakan Lasso Tool .

3. Saat menyeleksi, bidang seleksi yang Anda buat tidaklak harus rapi-rapi sekali. Kita akan membenahi bidang seleksi ini pada langkah selanjutnya.

4. Tekan tombol Shift+Ctrl+I untuk membalik bidang seleksi.

5. Sekarang, masuklah ke mode Quick Mask dengan mengklik icon Edit in Quick Mask Mode yang ada di toolbar.

6. Dalam sekejap, bidang yang tak terseleksi akan berwarna merah transparan, sedangkan yang terseleksi tetap tidak berwarna apa pun seperti aslinya Inilah aturan pakainya. Anda bisa memperbaiki bidang seleksi yang masih tampak kasar seperti di atas menggunakan Brush Tool dengan warna putih dan hitam. Tekan huruf D untuk mengembalikan ke warna default. Jika Anda menggunakan warna hitam maka Anda memperbesar daerah atau bidang yang tak terseleksi. Tapi, jika Anda menggunakan warna putih maka Anda memperbesar daerah-daerah yang terseleksi. Pakai tombol berulang-ulang untuk mengganti warna depan dan belakang dari hitam dan putih berkali-kali 7. Jika proses ini sudah selesai, klik icon Edit in Standard Mode .

8. Dalam waktu singkat, bidang seleksi akan muncul lagi namun kali ini lebih rapi sebab telah Anda modifikasi kembali. Klik tombol Shift+Ctrl+I agar bidang seleksi kembali lagi memilih objek pertama yang kita pilih tadi.

9. Selanjutnya, Anda bisa menekan tombol Ctrl+C untuk mengkopi gambar itu atau Ctrl+X untuk meng-cut-nya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: